Peluncuran SIMANTAB Dapat Meningkatkan Hasil Pertanian Para Petani Nasional


Singkron.com - Jakarta, Forum Cabai Nasional yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Holtikultura (Kementan) diselenggarakan si Grand Sheraton Gandaria City, Selasa (03/09/2024).

Plt. Direktur Jenderal Hortikultura, Muhammad Taufiq Ratule, dalam sambutannya, memaparkan tantangan dan kendala yang dihadapi dalam pengembangan cabai nasional. Salah satu isu utama yang disorot adalah ketimpangan produksi cabai antar wilayah. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menemukan dan menghadirkan solusi terhadap tantangan cabai nasional tersebut.

“Ketimpangan produksi ini memunculkan predikat wilayah surplus dan wilayah minus. Selain itu, ketidakseimbangan rantai nilai baik di sisi produsen yakni petani, pelaku usaha, maupun sisi konsumen juga masih menjadi tantangan cabai nasional,” ujar Taufiq. Saya berharap seluruh pihak terkait bisa saling berdialog dan berkomunikasi untuk menghasilkan solusi yang konkrit untuk meningkatkan produksi cabai, mewujudkan keseimbangan produksi, dan menjaga stabilitas stok serta harga di pasaran,” ujar Taufiq.


Hadir mewakili Menteri Pertanian, Plt. Sekretaris Jenderal Kementan, Ali Jamil menyampaikan bahwa inisiasi Forum Cabai Nasional 2024 ini merupakan langkah awal yang baik untuk menjaga stabilitas cabai.

“Saya kira setidaknya perlu ada tiga poin utama dalam diskusi ini, yaitu upaya peningkatan produksi cabai nasional, pemetaan kendala dan masalah dalam penyediaan cabai nasional, dan pengembangan cluster cabai guna mendukung pengendalian inflasi,” kata Ali.

Untuk menunjang program dan kebijakan stabilitas pasokan produk sayuran dan tanaman obat, Ditjen Hortikultura membangun Sistem Monitoring Sayuran dan Tanaman Obat (SIMANTAB) yang turut diluncurkan pada Forum Cabai Nasional 2024 ini.

Untuk mendukung program dan kebijakan stabilitas pasokan produk sayuran dan tanaman obat, Ditjen Hortikultura membangun Sistem Monitoring Sayuran dan Tanaman Obat (SIMANTAB). Sistem ini turut diluncurkan pada Forum Cabai Nasional 2024. Peluncuran SIMANTAB diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pemantauan dan pengelolaan pasokan sayuran serta tanaman obat, serta membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik terkait stabilitas pasokan. (Rio)


Post a Comment

0 Comments